Monday, December 5, 2016

Perkembangan Teknologi Data Center

jaringan-insight.blogspot.com - Perkembangan teknologi sekarang ini telah menemukan sebuah cara yang dapat mengirimkan data dengan kecepatan tinggi untuk melayani permintaan data dalam suatu jaringan. inilah perkembangan teknologi jaringan komputer.

Dalam hal proses penanganan permintaan data dari konsumen atau client yang semakin lama semakin besar, maka Data Center adalah jawaban dari kebutuhan sistem tersebut.

Data center adalah salah satu komponen penting dalam lingkungan bisnis, yaitu sebagai inti dari penyedia layanan data. Misalnya, sebagai shared storage untuk berbagi file dalam suatu jaringan, database sistem (RDBMS) dari suatu aplikasi, sebagai web server untuk meletakkan aplikasi berbasis web ke dalam sistem data center.

Perkembangan teknologi data center semakin hari semakin baik. Kini, telah diciptakan teknologi protocol fiber channel dan ISCDI yang mendukung pengiriman data ke sebuah data center dengan kecepatan tinggi dalam jumlah yang besar dan secara simultan.

Jika data center yang akan digunakan sebagai web server dan terhubung dengan internet maka kita menerapkan topologi jaringan dna pemberian perangkat jaringan (router) sebagai sistem firewallnya. Jadi, jika data center di desain untuk terhubung ke internet seperti web server atau sistem VPN (Virtual Private Network) maka membutuhkan tingkat keamanan yang tinggi. Kita dapat menggunakan router dengan tujuan melindungi jaringan internal dari serangan dari luar. Router dapat menggunakan merek Cisco, Juniper, maupun Mikrotik.

Untuk merancang data center, terdapat beberapa yang harus diperhatikan, yaitu:
Ketersediaan, data center harus mampu menangani hal-hal tak di inginkan, seperti kehilangan data. Teknik untuk menanggulangi ini dapat diselesaikan dengan membuat Raid System pada Data Center dengan sistem Auto backup/Mirror.

Scalability dan Flexibility , Data Center harus mampu beradaptasi dengan pertumbuhan bisnis yang terus meningkat. Misalnya, kebutuhan pertumbuhan media penyimpanan yang semakin besar dan bertambahnya user yang terhubung pada jaringan Data Center. Masalah ini dapat diatasi dengan menambah storage di Data Center.

Security, Data Center harus memiliki tingkat keamanan yang bagus, untuk menghalangi pihak luar yang tidak berkepentingan untuk masuk ke sistem Data Center. Gunakan Router sebagai firewall.

0 comments:

Post a Comment