Monday, August 31, 2015

Gelombang Radio, Frekwensi, Panjang Gelombang da Amplitudo

 

Gelombang radio adalah hal penting di bidang komunikasi data dan jaringan computer. Gelombang radio adalah salah satu dari 2 media transmisi komunikasi data atau jaringan komputer, yaitu: Cable dan radio wave. Bagi  yang ingin mendalami tentang jaringan wireless, maka menguasai teori gelombang radio adalah hal wajib hukumnya.
Membahas gelombang radio maka kita akan berhubungan dengan beberapa hal yang terkait di dalamnya, yaitu Frekwensi, amplitude, phase, dan modulasi. Baiklah kita akan membahas sekilas satu demi satu.

Frekuensi
Sering kita mendengar kata Frekuensi. Namun bila bukan anak elektro dan jaringan computer akan terasa asing istilah ini. Namun Frekuensi ini bisa kita artikan secara sederhana yaitu banyaknya getaran gelombang yang terjadi dalam waktu satu detik. Berarti kita bisa rumuskan, bahwa frekwensi = jumlah getaran dibagi jumlah detik waktu. Frekwensi mempunyai satuan ukuran yang disebut dengan Hertz.

Panjang gelombang
Adalah jarak yang ditempuh oleh gelombang itu sendiri dalam satu satuan waktu

Modulasi
Modulasi bisa kita artikan dengan proses perubahan suatu gelombang secara periodic yang menjadikan suatu sinyal dapat membawa suatu informasi tertentu. Lawannya modulasi adalah demodulasi. Alat yang digunakan untuk merubah ini adalah Modem.
Dengan teknik modulasi ini, maka sinyal digital dapat diubah menjadi sinyal analog untuk dikirim, ketika sudah sampai ketujuan sinyak analog tersebut akan dirubah kembali menjadi sinyal digital. Sedangkan demodulasi diartikan dengan pengubahan sinyal digital menjadi sinyal analog. Gelombang pembawa sinyal ini disebut dengan gelombang sinus atau gelombang sinusoidal. 
Manfaat teknik modulasi ini salah satunya adalah agar sinyal digital dapat dilewatkan dari pengirim ke penerima dengan jarak yang jauh seperti halnya sinyal digital. Sebagai catatan bahwa sinyal analog mempunyai jarak tempuh jauh. Sedangkan sinyal digital mempunyai jarak tempuh pendek, yang disebabkan adanya derau atau noise yang terjadi pada media transmisi.
Cukup sampai di sini dulu, kita lanjutkan di posting selanjutnya yang membahas tentang teknik modulasi analog dan digital. 

bab selanjutnya kita akan membahas tentang teknik Modulasi



Location: Indonesia

0 comments:

Post a Comment