Monday, August 31, 2015

Teknik Modulasi Analog dan Digital

Teknik Modulasi adalah proses encoding sumber data dalam suatu sinyal pembawa dengan frekwensi. Di dalam teknik modulasi ada tiga hal yang harus diketahui terlebih dahulu, yaitu tentang Amplitudo, frekwensi, dan phase. 

Teknik Modulasi Data Analog
Pada teknik modulasi data analog terdiri dari 3 jenis, yaitu, AM, FM dan PM. Berikut penjelasan dari masing-masingnya:
    1. AM ( Amplitudo Modulation) Teknik modulasi ini relative mudah, karena hanya menggunakan sinyal analog untuk dapat membedakan dari dua kondisi sinyal digital, 0 dan 1, dimana frekwensi dan phasenya tetap, amplitudonya yang berubah. Sehingga 0 diwakilkan dengan tegangan besar (5 V), sedangkan 1 diwakilkan dengan tegangan rendah (0 V). kelemahan dari Modulasi AM adalah sangat dipengaruhi oleh keadaan atau kondisi dari media transmisinya

    2. FM ( Frekwency Modulation) Teknik modulasi ini untuk membedakan dua kondisi sinyal digital dengan cara menggunakan sinyal analog dimana amplitude, dan phasenya tetap, frekwensi yang berubah
    3. PM (Phase Modulation) Untuk membedakan kedua keadaan sinyal digital, teknik ini menggunakan perbedaan sudut phase sinyal analog, dimana frekwensi dan amplitude tetap, phase berubah. Cara ini adalah cara terbaik untuk mengirimkan data dengan jumlah besar dengan kecepatan tinggi.

Teknik Modulasi Data Digital
Terdapat tiga prinsip system modulasi digital:
    1. ASK (Amplitudo Shift Keying)
Adalah teknik modulasi dimana bit 1 direpresentasikan dengan adanya sinyal, sedangkan bit 0 direpresentasikan dengan tidak adanya sinyal. Lihat gambar

Metode ini baik digunakan pada komunikasi data jarak dekat. Metode ini mempunyai kelemahan, yaitu: rentan terhadap pergantian tiba-tiba, dan efisiensi rendah. Salah satu keuntungannya kecepatan bit per baudnya sangat besar. 

      2. FSK (Frekwency Shift Keying)
Teknik modulasi ini mulai digunakan sejak pertengahan tahun 1900 yang digunakan untuk teleprinter.
Metode ini bekerja dengan cara merubah frekwensi output diantara nilai sebelumnya yang sudah ditentukan. Dalam proses modulasi ini besarnya frekuensi gelombang pembawa berubah-ubah sesuai dengan perubahan ada atau tidak adanya sinyal informasi digital. 

      3. PSK (Phase Shift Keying)
Adalah teknik modulasi digital yang digunakan secara luas di dalam system komunikasi digital. Teknik ini sangat cocok diterapkan di growing area yang sedang menerapkan komunikasi data. PSK mempunyai kelebihan dalam hal efisiensi di banding dengan FSK (Frekwensi Shift Keying), dan beberapa teknik modulasi lainnya.
Daftar di bawah ini adalah beberapa pergeseran PSK, dan bentuk yang berhubungan dengan modulasi pada umumnya:

  • PSK - Phase Shift Keying
  • BPSK - Binary Phase Shift Keying
  • QPSK - Quadrature Phase Shift Keying
  • O-QPSK - Offset Quadrature Phase Shift Keying
  • 8 PSK - 8 Point Phase Shift Keying
  • 16 PSK - 16 Point Phase Shift Keying
  • QAM - Quadrature Amplitude Modulation
  • 16 QAM - 16 Point Quadrature Amplitude Modulation
  •  64 QAM - 64 Point Quadrature Amplitude Modulation
  • MSK - Minimum Shift Keying
  • GMSK - Gaussian filtered Minimum Shift Keying
Location: Indonesia

0 comments:

Post a Comment