Thursday, December 15, 2016

4 Cara Jitu Belajar Mikrotik Dasar


Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk belajar Mikrotik. Setiap orang mungkin berbeda-beda caranya untuk belajar. Di artikel ini akan diulas 4 cara yang menurut pengalaman saya paling penting untuk dilakukan bagi mereka yang baru belajar. Sebagai pengetahuan, di mikrotik saat ini mempunyai 7 track sertifikasi yang didalamnya sudah tertata materi-materi apa saja yang harus dipelajari. Level paling dasar adalah MTCNA (Mikrotik Certified Network Assosiation). Di kurikulum MTCNA inilah yang musti kita pelajari step by step untuk dapat Mikrotik Dasar. Mengapa mengikuti kurikulum MTCNA? sebab di kurikulum ini materi sudah tersusun sangat rapi dan hirarki.
Terdapat 8 modul di MTCNA:

Pengenalan Mikrotik (produk-produknya minimal RB low level)
DHCP (Static IP dan Dynamic IP)
Bridging
Routing (routing statis)
Wireless (hotspot, wifi)
Firewall (NAT, filter)
QoS (pembagian bandwidth)
Tunnel (EoIP)


1.Ikut Training MTCNA
Langkah ini kita memang harus mengorbankan waktu dan uang, namun materi yang akan didapatkan di training MTCNA ini akan lebih komprehensif, sehingga sangat baik untuk membangun pondasi pengetahuan teori maupun praktek.

2.Ngelab dan Ngelab
Ngelab atau praktek adalah hal yang sangat penting. Jika kita belajar teori saja, maka kita mungkin mampu menyelesaikan soal-soal ujian, namun akan sangat kesulitan jika kita menghadapi kasus di lapangan.

Ngelab bisa menggunakan RB atau bisa menggunakan software simulasi seperti GNS3 atau Virtualbox. Lakukanlah minimal 1 kali penyelesaian soal lab dalam satu hari.
Untuk mendapatkan materi ngelab bisa anda dapatkan di banyak forum atau website, contohnya di mikrotik.co.id, mikrotikindo.blogspot.com, dll.

3.Ikut Forum diskusi Mikrotik
Manfaat mengikuti forum-forum mikrotik adalah kita dapat mengetahui kasus-kasus yang ditemui oleh temen-temen. Kasus seperti itu sulit kita dapatkan di buku-buku teori. Selain itu kita tidak akan kaget jika menemui kasus di kemudian hari.

4.Tulislah yang sudah diketahui
Metode ini terlihat sederhana, namun memberi efek yang luar biasa. Dengan menuliskan apa yang telah kita praktekkan, maka akan semakin kuat ilmu yang didapat menempel diingatan kita.

0 comments:

Post a Comment